Tikus Raksasa Tertangkap Di China

Tikus raksasa dengan gigi sepanjang 2,5 cm tertangkap di selatan China. Tikus itu memiliki berat enam pon. Penangkap tikus itu yang hanya disebut namanya sebagai Pak Xian mengatakan berhasil menangkap tikus itu saat dikepung banyak orang.

Dia memperkirakan tikus itu spesies yang bernilai tinggi. Tikus itu melawan saat ekornya akan ditangkap dan baru tenang setelah dipegang lehernya.

"Aku menangkap tikus seukuran kucing," katanya.

Dinas kehutanan China mengidentifikasikan tikus itu sebagai tikus bambu. Tapi petugas itu mengatakan masih perlu meneliti lebih lanjut.

Tikus bambu China jarang yang bisa berukuran lebih dari 10 inci. Tikus ini sering ditemukan di sebelah selatan China, utara Burma dan Vietnam.

Sementara tikus bambu Sumatera sering ditemukan di barat daya provinsi China Yunnan. Di semenanjung Malaysia tikus bisa tumbuh hingga panjangnya mencapai 30 inci termasuk ekor dan beratnya bisa mencapai delapan pon.

Tikus raksasa Sumatera pernah diangkat dalam cerita Sherlock Holmes dengan judul The Adventure of a Sussex Vampire. Semua tikus bambu biasanya bergerak kurang lincah dan menghabiskan waktunya di liang.

Tikus bambu China sering disajikan sebagai makanan. Tikus terbesar adalah tikus Afrika yang bisa tumbuh dengan panjang mencapai 36 inci.

sumber

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...