10 Masjid Termegah di Dunia

Masjid Baitul Mukarram, Dhaka, Bangladesh
Mesjid ini adalah Mesjid Nasional dari Bangladesh. Terletak di jantung kota Dhaka, ibukota Bangladesh, masjid ini didirikan tahun 1960-an. Memiliki kapasitas 30.000 orang, menjadi 10 Masjid terbesar di dunia.





Masjid Faisal , Islamabad, Pakistan
Masjid Faisal di Islamabad adalah masjid terbesar Asia Selatan dan masjid terbesar keempat di dunia. Itu adalah masjid terbesar di dunia pada 1986-1993,dan di kalahkan dalam ukuran oleh Masjid Hassan II di Casablanca, Maroko.








Sultan Mosque, Singapore
Masjid Sultan , terletak di Muscat Street and North Bridge Road di Kampung Glam Kabupaten Rochor Perencanaan Wilayah di Singapura. Masjid ini dianggap sebagai salah satu masjid yang paling penting di Singapura. Masjid Sultan tidak berubah sejak dibangun, hanya dengan dilakukan perbaikan untuk ruang utama di tahun 1960 dan ruangan lainnya pada tahun 1993. Ia tetapkan sebagai monumen nasional pada tanggal 14 Maret 1975.



Baiturrahman, Bandar Aceh, Indonesia
Masjid Raya Baiturrahman adalah sebuah masjid yang berada di pusat Kota Banda Aceh. Masjid ini dahulunya merupakan masjid Kesultanan Aceh. Sewaktu Belanda menyerang kota Banda Aceh pada tahun 1873, masjid ini dibakar, kemudian pada tahun 1875 Belanda membangun kembali sebuah masjid sebagai penggantinya. Mesjid ini berkubah tunggal dan dapat diselesaikan pada tanggal 27 Desember 1883. Selanjutnya Mesjid ini diperluas menjadi 3 kubah pada tahun 1935. Terakhir diperluas lagi menjadi 5 kubah (1959-1968). Masjid ini merupakan salah satu masjid terindah di Indonesia yang memiliki bentuk yang manis, ukiran yang menarik, halaman yang luas dan terasa sangat sejuk apabila berada di dalam ruangan masjid tersebut.

Taj’ul Masjid, Bhopal, India
Taj-ul-Masajid, adalah sebuah masjid yang terletak di Bhopal, India. Ini adalah salah satu mesjid terbesar di Asia . Masjid juga digunakan sebagai sebuah madrasah (sekolah Islam) di siang hari.








Omar Ali Saifuddin, Brunei
Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah masjid kerajaan Islam yang terletak ibukota Kesultanan Brunei. Masjid ini diklasifikasikan sebagai salah satu masjid paling spektakuler di kawasan Asia Pasifik dan menjadi daya tarik utama bagi para turis.Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin di antara orang-orang Brunei dianggap sebagai landmark dari negaranya.





Zahir Mosque, Kedah, Malaysia
Masjid ini dibangun pada tahun 1912, sebuah usaha yg dibiayakan Tunku Mahmud Ibni Almarhum Sultan Tajuddin Mukarram Shah. Situs ini masjid merupakan makam dari Kedah warriors yang telah meninggal sambil mempertahankan Kedah dari Siam pada 1821. Arsitektur dari masjid ini terinspirasi oleh AZIZI Masjid di Langkat kota di utara Sumatera. Masjid ini ditingkatkan dengan membangun lima tiang besar utama yang melambangkan lima prinsip Islam.



Masjid Al Aqsa, Jerusalem, Israel (Palestine)
Masjid Al-Aqsa (Arab: المسجد الاقصى, “Masjid yang terjauh”), juga dikenal sebagai Al-Aqsa, adalah sebuah tempat suci Islam di Kota Lama Yerusalem. Di masjid itu sendiri merupakan bagian dari Al-Haram ash-Sharif atau “Sacred Noble Sanctuary” (bersama-sama dengan Dome of the Rock), sebuah situs yang juga dikenal sebagai Gunung Bait dan situs tersuci dalam Judaisme, karena diyakini menjadi tempat Bait di Yerusalem pertama berdiri. secara luas dianggap sebagai situs ketiga tersuci dalam Islam, umat Islam percaya bahwa nabi Muhammad itu melalkukan perjalanan dari Masjidilharam di Mekah ke Al-Aqsa selama Perjalanan Malam.

Di Masjid Al-Aqsa pada awalnya adalah rumah doa kecil yang dibangun oleh Rashidun kalif Umar, tetapi telah dibangun dan dikembangkan oleh Ummayad kalifat Abd al-Malik dan selesai oleh anaknya Al-Walid di 705 CE. Setelah gempa bumi di 746, masjid itu benar-benar hancur dan dibangun oleh Abbasid kalifat Al-Mansur di 754, dan kembali lagi oleh para penerus al-Mahdi di 780. Lalu gempa bumi paling menghancurkan al - Aqsa datang pada 1033, tetapi dua tahun kemudian Fatimid kalifat Ali az-Zahir kembali membangun masjid ini, dan berdiri hingga saat ini.

Masjid Al Nabawi, Madina, Saudi Arabia
Di Masjid Nabi (Arab: المسجد النبوي ), di Madinah, adalah masjid kedua tersuci dalam Islam dan masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjid Al-Haram di Mekkah. Masjid dianggap sebagai masjid kedua tersuci oleh muslim Shia dan Sunni sedangkan Masjid Al-Aqsa di Yerusalem adalah yang ketiga tersuci.






Masjid Al Haram, Makkahm, Saudi Arabia
Al-Masjid Al-Haram (المسجد الحرام ) merupakan masjid terbesar di dunia. Terletak di kota Mekkah, masjid ini juga dikenal sebagai Grand Mosque. Saat ini struktur yang mencakup wilayah 400.800 meter persegi (99,0 acres) termasuk luar dan dalam ruang doa dan dapat menampung sampai 4 juta selama periode ibadah haji, yang merupakan salah satu gatherings manusia terbesar tahunan di dunia.





sumber : http://terselubung.blogspot.com/2009/12/10-masjid-termegah-di-dunia.html

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...